Simak cara mendaftar Kartu Prakerja, perhatikan tiga langkah mudahnya. Seperti yang telah diketahui, pendaftaran Kartu Prakerja telah resmi dimulai pada Sabtu, (11/4/2020), kemarin. Pendaftaran Kartu Prakerja 2020 dilakukan secara online di laman .

Dikutip dari , Kartu Prakerja diprioritaskan terlebih dahulu untuk para pencari kerja dan pelaku usaha kesil yang terdampak wabah virus corona. Pada umumnya, peserta yang boleh mendaftar merupakan angkatan muda pencari kerja dan para pekerja maupun pegawai. Dengan kata lain, semua warga yang berusia 18 tahun ke atas boleh mendaftar asal tidak sedang menjalani pendidikan (sekolah/kuliah).

Sementara itu dikutip dari , ada batasan kuota yang diberlakukan bagi pendaftar Kartu Prakerja. Kuota pendaftaran yang ditetapkan yakni 164.000 orang, sampai 16 April 2020 untuk tahap pertama. Program tersebut diharapkan bisa menyasar sekitar 5,6 juta pendaftar selama tahun 2020.

Adapun untuk mendapatkan Kartu Prakerja ada beberapa langkah yang harus dilalui oleh pendaftar. Masih dikutip dari ada tiga langkah mudah yang harus diikuti, simak selengkapnya. Masuk ke laman kemudian pilih menu 'Daftar Sekarang'.

Masukkan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru kamu. Cek email dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk melakukan konfirmasi akun e mail. Setelah konformasi akun email berhasil, kembali lagi ke laman prakerja.go.id.

Masuk kembali ke akun dengan alamat email dan kata sandimu. Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, kemudian tekan tombol 'Berikutnya'. Isikan data dirimu secara lengkap, kemudian klik 'Berikutnya'.

Masukkan nomor telepon dan kode ITP yang dikirim melalui SMS. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. Siapkan juga alat tulis dan kerta jika diperlukan.

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes. Setelah mendapatkan email pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran.

1. Warga Negara Indonesia 2. Berusia di atas 18 tahun 3. Tidak sedang sekolah/kuliah

Awalnya, program ini hanya diprioritaskan untuk pengangguran muda, tetapi saat ini juga akan diprioritaskan untuk pekerja, pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Covid 19.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *